Selasa, 18 Oktober 2011

Mati Kutu bila Baca Source Code

Banyak diantara kita berpendapat bahwa membuat program komputer itu mudah. Termasuk saya tentunya pada awalnya. Dulu sebelum saya mencoba memahami satu bahasa program, saya menganggap membuat perogram komputer itu seperti mengarang cerita, ditulis kemudian disusun dan disimpan di dalam hardisk lalu dijalankan. Ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Terlebih setelah saya mencoba mempelajari salah satu bahasa programan yaitu Visual Basic. Kini saya bisa memahami bahwa membuat program itu adalah pekerjaan yang butuh banyak waktu, tenaga dan pikiran. Ternyata terdapat banyak bahasa yang digunakan untuk membuat program. Mulai dari bahasa tingkat rendah sampai dengan bahasa tingkat tinggi seperti Java. Dulu, buku-buku Java banyak dilewati orang, tetapi sekarang justru banyak dicari terutama yang berbahasa Indonesia. Banyak yang mengatakan Java lebih ringan dan bisa berjalan diplatform manapun. Ini yang mendorong saya mempelajari Java, namun ketika saya mencoba belajar dari awal (Total beginner) saya kembali diperhadapkan dengan scrip-scrip yang membuat saya mati kutu. Kode-kode seperti itu yang buat saya seperti berjalan ditenga padang pasir, tidak tahu mau diapain kode-kode itu. Mudah-mudahan saya mendapatkan pencerahan untuk bisa tetap belajar!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar